Sekilas PetikanKu

Obat Modern hasil sintetis kimiawi
ibarat dua sisi mata uang.
Satu sisi banyak manfaat terapinya, satu sisi
lainnya mengandung resiko efek samping
bagi konsumennya

Senin, 03 Juni 2013

Glibenklamid

 Glibeklamid merupakan obat Hipoglikemik (gula darah rendah) yang di gunakan pada diabetes militus tipe 2 , glibenklamid termasuk golongan sulfanilurea yang dapat mengikat insulin dan menyebabkan sensitif pada reseptor, dapat meransang pelepasan insulin dari sel beta di pankreas sehingga terjadi penurunan kadar glukosa dalam darah (glukosa darah). Glibenklamid juga dapat menurunkan produksi glukosa basal di dalam hati, menyebabkan sensitifitas dalam jaringan perifer terhadap insulin, dapat menghambat platelet dan menyebabkan diuresis yang ringan.

Tablet yang tersedia adalah ,25 mg, 2,5 mg, 5 mg dan tablet kecil (micronized) 1,5 mg, 3 mg, 6 mg

Pada dosis orang dewasa awalnya : 2,5- 5 mg sehari pada tablet biasa, sampai 15 mg/hari dan batas maksimumnya yaitu 20 mg/hari. pada dosis tunggal/ terbagi di berikan awalnya 1,5 mg sampai 3 mg (tablet micrinized) dengan penggunaan obat setiap hari dengan kisaran antara 0,75 mg sampai 12 mg perhari.
Pada pemberian dosis diatas 10 mg perhari harus di berikan dalam dua dosis terbagi. Maksimun dosis 20 mg sehari. Sedangkan pada lansia dosis awal 1,25-2,5mg sehari, dan dapat meningkat 1,25 - 2,5 mg perhari setiap satu sampai tiga minggu jika di perlukan.

Adapun konversi atau penukaran dari insulin ke glibenklamid yaitu :  pada dewasa , jika membutuhkan insulin 20 unit setiap hari, maka dapat di tukar glibenklamid dengan dosis 2,5 mg sampai 5 mg sehari. Sedangkan jika membutuhkan insulin 20-40 unit sehari dapat di tukarkan dengan 5 mg glibenklamid. Sedangkan jika pasien membutuhkan diatas 40 unit insulin dapat di tukar dengan berikan 5 mg glibenklamid setiap hari atau 3 mg tablet micronized, untuk mengurangi dosis insulin 50 % pada penggunaan sehari-hari pada pasien .

Glibenklamid dapat bekerja dengan jalan meningkatkan jumlah insulin yang di produki oleh pankreas, glibenklamid dapat di berikan sendiri atau dapat pula bersamaan dengan obat diabetes lain dan insulin.
 Sebelum anda meminum glibenklamid pastikan dokter atau apoteker mengetahui bahwa apabila anda sedang hamil, atau sedang mengiginkan seorang bayi atau anda sedang dalam keadaan menyusui , sedang memiliki gangguan ginjal dan hati, memiliki infeksi parah atau jika anda  sudah berumur lebih 65 tahun, jika memiliki kelainan darah bawaan dari lahir, jika anda perna mengalami alergi terhadap bahan yang terkandung dalam obat ini juga apabila anda sedang mengesumsi obat lain baik yang yang tidak tercantum dalam resep obat ini dan juga obat herbal.

Kontraindikasi dari glibenklamid yaitu Hiperglikemia (gula darah tinggi) yang mengancam nyawa, sensitif terhadap obat diabetes tipe 1(yang tergantung insulin), gangguan pada hati yang berat dan jantung , gagal ginjal, ketoasidosi diabetik (komplikasi yang mengancam pada penderita DM) baik tanpa koma, pasien yang memiliki luka borok pada kaki, infeksi berat mapun trauma, pada lansia harus waspada penggunaan, hindari minum minuman beralkohol, hati-hati dalam pemeriksaan/pemantauan kosentrasi gula darah, insufisiensi adrekortikal. Hati-hati pada diet dan olahraga yang berkepanjangan ini juga dapat menyebabkan hipoglikemia(gula darah rendah), ikterus kolestatik, agranulositosis, anemia aplasitk, anemia hemolitik, kehamilan dan laktasi, reaksi alergi. 
Berpotensi Fatal : hipoglikemia yang berkepanjangan terlihat pada pasien lanjut usia yang lemah dengan penyakit hati atau ginjal.  Bila di gunakan dengan B-bloker akan memyebabkan peningkatan resiko hipoglikemia. dapat menimbulkan efek aditif pada penggunaan antidiabetik lainnya. Metabolisme dapat di kurangi dengan minum kloramfenikol dan simetidin. sedangkan dapat meningkatkan efek jika di gunakan dengan obat denagan anti depresan siklik, pegvisomant, kortikosteroid, salisilat, sulfonamida derivatif, atau turunan asam fibrik. 

1 komentar:

  1. Adek saya yang baru lulus sma mau ambil jurusan farmasi di Universitas Permata Indonesia semoga kelak dia bisa suksess aminnnn.... Sorry nitip link kisini ya http://7og4nk.blogspot.com

    BalasHapus