Sekilas PetikanKu

Obat Modern hasil sintetis kimiawi
ibarat dua sisi mata uang.
Satu sisi banyak manfaat terapinya, satu sisi
lainnya mengandung resiko efek samping
bagi konsumennya

Sabtu, 01 Juni 2013

Gejala dan Terapi Penyakit Keputihan

Keputihan adalah masalah yang sering di alami sebagian besar wanita. Penyakit ini sudah lama menjadi persoalan namun tidak banyak wanita menganggapnya serius, padahal penyakit ini tidak bisa di remehkan karena penyakit ini bisa mengakibatkan fatal bila lambat di tangani.
Keputihan ada dua macam yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis bersifat normal, tidak gatal, dan lendir berwarna bening, sedangkan keputihan yang berwarna susu dan rasa gatal di sertai warna kemerah-merahan serta berbau adalah keputihan yang berbahaya atau patologis.

Keputihan (kandidiasis) adalah infeksi yang di sebabkan oleh jamur Candida Albicans. Tempat utama yang diserang jamur ini adalah mulut dan vagina. Infeksi jamur Candida dapat terjadi pada otrang dengan kekebalan normal. Pada wanita hamil, penderita diabetes dan pada keadaan kekebalan yang menurun pada AIDS serta penderita kanker leukimia.

Gejala
Infeksi di mulut berupa bercak putih terasa sakit, dapat pula mencapai kerongkongan sehingga menimbulkan gangguan mengunyah dan menelan.
Bila menyerang vagina maka timbul rasa gatal yang amat sangat di sertai produksi lendir yang berbau dan jumlahnya berlebih dibanding kondisi normal. beberapa wanita bahkan perlu memakai pembalut karena produkis lendir kental dan banyak.

Penanganan
 Yang Perlu di perhatikan mengenai keputihan ini adalah :
  • Perhatikan cara membilas vagina yang benar, gunakan air bersih, gunakan sabun khusus pembersih vagina (bila tersedia), sebaiknya sehabis buang air besar maupun kecil sebaiknya membilas dari arah depan.
  • Selalu siapkan tissu atau kain pengering ketika sedang buang air kecil dan air besar
  • jangan memakai handuk bersama, dan pakaian dalam bersama.
  • Hati-hati menggunakan Toilet umum, 
  • Jalani pola hidup yang sehat, makanan teratur dan bergizi
  • Jangan mengonta ganti pasangan
Terapi
Pemberian antijamur biasanya berasal dari kelas azol derivate seperti: ketokonazol, (ketokonazol OG, Nizoral). fluconazol (Diflucan), dan Itrakonazol (Sporanox).



Referensi dari sebagian : Buku Cerdas mengenali Penyakit dan obat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar